7 Fitur Profesional di Microsoft Word Untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

By | December 19, 2019
Share Button

Kali ini saya akan mebahas fitur apa saja yang sering digunakan para pengguna microsoft word agar tampilan dari kata ke kata terlihat sangat indah dan banyak variasinya. berikut yang akan di bahas.

Microsoft Word adalah salah satu software untuk membuat tulisan, karya ilmiah, dan dokumen. Diantara perangkat lunak Ms. Office lainnya, software ini bisa dikatakan paling popular di berbagai kalangan. Dari kalangan pelajar sampai professional.

Fitur-Fitur Dalam Microsoft Word

Ada berbagai macam fitur yang ditawarkan Ms Word agar tampilan dokumen lebih kompleks dan bervariasi, sesuai kebutuhan pengguna. Berikut diantaranya :

1.Equation Toolbar

Untuk menyelesaikan dokumen berbentuk hitungan, mungkin Anda lebih menyukai penggunaan Microsoft Excel. Namun ternyata, Anda juga bisa memanfaatkan Ms. Word untuk menyelesaikan pekerjaan ini, dengan memanfaatkan fitur bernama Equation Toolbar.

Fitur ini dapat membantu Anda menyelesaikan dokumen berbentuk hitungan. Untuk menemukannya, Anda bisa memilih tab insert pada menu symbols. Di sana terdapat banyak persamaan atau rumus yang dapat dipilih, berupa persamaan kimia, fisika, maupun matematika.

2. Quick Style

Untuk mengubah style tulisan di tiap halaman dokumen, kini tidak perlu lagi membuang-buang waktu. Anda dapat memanfaatkan Quick Styles sebagai tempat penyimpanan styles favorit dalam Ms. Word.

Apabila styles ini ingin digunakan kembali pada dokumen baru, maka Anda hanya perlu mengklik styles yang terdapat dalam tab home. Quick Styles bisa membantu Anda mengubah tulisan dengan menyeluruh sesuai kebutuhan. Mulai dari ukuran tulisan, warna tulisan, dan gaya tulisan.=

3. Synchronous Scrolling dan View Side by Side

Jika Anda ingin membuka 2 dokumen secara bersamaan, maka Anda bisa memakai View Side by Side. Dimana fitur tersebut dapat diandalkan untuk membandingkan 2 dokumen sekaligus dengan isi berbeda.

Lebih mudahnya lagi, kini Anda dapat memanfaatkan Synchronous Scrolling apabila ingin melakukan scroll dokumen ke bawah ataupun ke atas. Tidak hanya itu saja, fitur tersebut juga dapat dipakai untuk scroll 2 file/dokumen secara bersamaan sekaligus.

4. Translate Tool

Anda bisa memanfaatkan fitur translate pada menu tab review. Dalam hal ini, Anda tidak harus meng-upgrade dari Ms. Word ke versi terbaru, karena fitur tersebut sudah tersedia dalam Ms.Word 2010.

Apabila Anda ingin menerjemahkan semua dokumen, lakukan blok dokumen lebih dulu. Lalu pilih translate, kemudian pilih bahasa sesuai keinginan. Translate menawarkan berbagai macam bahasa menyesuaikan kebutuhan.

5. Replace

Kesalahan pengetikan memang hal yang wajar, namun bagaimana jika Anda ingin mengubah satu kata dalam semua paragraf pada satu dokumen? Semuanya tentu perlu waktu jika Anda harus mencari ataupun mengganti kata satu demi satu.

Namun, fitur replace ini akan mempermudah Anda memperbaiki beberapa kata tertentu yang dianggap kurang tepat. Anda bisa mengklik menu replace di tab home untuk mengaktifkan replace pada Ms. Word.

6. Auto Text

Untuk mengetikkan kata secara berulang, Anda dapat menekan copy paste pada keyboard. Namun perintah ini akan hilang untuk kalimat sebelumnya, saat Anda menyalin kalimat baru. Akan tetapi, dengan adanya fitur Auto Text dapat mempermudah Anda menyalin kata/kalimat sesuai keinginan. Sebelum memakai fitur tersebut, Anda harus memblok kalimat atau kata favorit.

7. Inspect Document

Tulisan dalam bentuk dokumen harus dijaga keamanannya, terlebih lagi jika bermaksud mengirimkan dokumen melalui media sosial atau email untuk mengamankan file tertentu Anda harus mengaktifkan Inspect Document.

Selain mengamankannya, fitur ini juga dapat membantu Anda menghapus atau mengedit kata maupun kalimat tertentu yang tidak diperbolehkan (mengandung SARA) sebelum dikirimkan.

Microsoft Word menyediakan berbagai macam fitur untuk mempermudah pekerjaan Anda. Dari banyaknya fitur, Anda bisa memilih poin di atas yang masih jarang dipakai. Padahal bila semua fitur tersebut dimanfaatkan dengan maksimal, dapat mempermudah Anda menyelesaikan pekerjaan.

AYU LUSIANA
Author: AYU LUSIANA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *